Ceritaku tentang Kotaku

Saya adalah penulis di myblog ini. Saya berasal dari Kabupaten Bojonegoro. Pastinya kalian tidak mengetahui daerah tempat saya tinggal itu, kan! Maklum, karena daerah saya tidaklah seterkenal kabupaten-kabupaten lain di Jawa Timur seperti Tuban dan Lamongan. Oleh karena itu, saya merasa perlu menceritakan sekelumit cerita tentang daerah tempat saya tinggal itu. Marilah simak dengan antusias!

Daerah saya tercinta, Kabupaten Bojonegoro, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Ibukotanya adalah Bojonegoro. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tuban di utara, Kabupaten Lamongan di timur, Kabupaten Nganjuk, Madiun, dan Ngawi di selatan, serta Kabupaten Blora (Jawa Tengah) di barat. Bagian barat Bojonegoro (perbatasan dengan Jawa Tengah) merupakan bagian dari Blok Cepu, salah satu sumber deposit minyak bumi terbesar di Indonesia.

Bojonegoro dialiri oleh sungai Bengawan Solo yang menjadi batas alam dengan Provinsi Jawa Tengah. Bagian utara merupakan Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo yang cukup subur dengan pertanian yang ekstensif. Kawasan pertanian umumnya ditanami padi pada musim penghujan, dan tembakau pada musim kemarau. Bagian selatan adalah pegunungan kapur, bagian dari rangkaian Pegunungan Kendeng. Bagian barat laut (berbatasan dengan Jawa Tengah) adalah bagian dari rangkaian Pegunungan Kapur Utara.

Selain terkenal karena Bengawan Solonya, Bojonegoro juga mempunyai objek-objek wisata yang, meskipun kurang terkenal, sedang dikembangkan oleh pemerintah setempat. Di antara objek wisata tersebut adalah Kahyangan Api, Waduk Pacal, dan Wana Wisata Dander.

Kahyangan Api

Objek wisata ini merupakan sumber api alam yang menyala sepanjang tahun. Kahyangan Api terletak pada posisi yang sangat strategis yaitu dikelilingi oleh hutan-hutan yang dilindungi dan bebas dari pencemaran polusi.

Selain sumber api abadi di kahyangan api juga terdapat mata air yang konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Anehnya air ini dari jauh berbau busuk tetapi setelah mendekat baunya itu hilang dan dari jauh air ini kelihatang seperti air mendidih tetapi kalau kita sudah mengambilnya maka air tersebut terasa dingin dan sejuk.

Konon, menurut suatu cerita rakyat, keampuhan lokasi Kahyangan Api telah dirasakan semenjak pemerintah Maha Prabu Angling Dharma (Sri Aji Dharma) dari Malawapati, yang melatih para prajurit Malawapati di lokasi Kahyangan Api tersebut. Bahkan, ada beberapa pusaka Malawapati yang ditempa di Kahyangan Api, termasuk pusaka-pusaka andalan Kerajaan Malawapati dan Kerajaan Bojonegoro pada zaman Hindu madya di masa silam.

Meskipun benar tidaknya cerita tersebut belum diketahui secara pasti, Serat Astra Dharma, sebuah catatan historis dari masa Hindu Bojonegoro, yang saat ini tersimpan di salah satu museum terkenal di Belanda, dapat menjelaskan bahwa hal tersebut benar-benar nyata.

Meski menurut sebagian orang tempat tersebut berbau mistis, wahana yang satu ini masih tetap ramai dikunjungi orang. Saya sendiri berwisata ke sana saat saya kelas 1 SD. Pada saat itu, kondisi di sana sangat ramai. Demikian juga saat ini, menurut adik saya, yang juga telah berekreasi kesana juga, tempat itu juga masih ramai dikunjungi sampai sekarang.

Waduk Pacal

Waduk pacal merupakan salah satu tempat wisata perairan yang ada di bojonegoro. Wahana wisata ini menyuguhkan lingkungan alam yang sangat mempesona karena di kelilingi oleh bukit-bukit yang sangat indah.

Waduk Pacal dinilai sebagai tempat yang angker dalam tradisi masyarakat setempat. Namun, tetap saja waduk ini memiliki nilai tersendiri bagi wisatawan. Terutama karena untuk berwisata di sana tidak dibutuhkan biaya mahal.

Wana Wisata Dander

Wahana wisata yang satu ini merupakan wahana baru. Wahana ini menjadi bagian dari proyek pemerintah kabupaten untuk meningkatkan citra daerah. Wahana ini dibangun di Kecamatan Dander, salah satu kecamatan yang terletak di bagian selatan Kota Bojonegoro. Keunggulan dari wisata ini yaitu tempat yang sangat luas dan dilengkapi dengan padang golf. Wisata ini sangat cocok untuk anak-anak karena selain padang golf, disana juga terdapat berbagai macam permainan anak-anak, seperti taman bermain, kolam untuk mandi bola, kolam renang dan sungai yang sangat jernih dengan keadaan sekelilingnya yang sejuk dan tentu saja bebas dari polusi.

Demikianlahsekelumit cerita yang bisa saya sampaikan tentang daerah tempat asalku, teman! Tentunya Kamu juga ingin menceritakan tentang daerah asalmu juga, kan? Saya tunggu ceritamu.

Comments

Popular posts from this blog

TIGA KATA SEMBOYAN DAN SEBUAH IRONI

Permodelan Matematis Teorema Kendali

Mewariskan Nilai, Merawat Harapan