Bangun Para PEndobrak


Ini adalah sebuah karya yang saya buat dalam bentuk paper bag dengan tema lingkungan. Berisi gambar Indonesia berbentuk daun bolong-bolong seperti dimakan ulat. Apa Anda ingin Indonesia digerogoti ? Apa yang telah Anda berikan bagi bangsa ini ? Jangan cuma menuntut subsidi, perubahan, dan lain-lain. Negara ini tidak akan bisa berubah selama kita juga tidak berubah. Cobalah dari hal-hal kecil dalam kehidupan. Tersenyumlah kepada keluarga, teman, dan siapa saja yang mengisi hidup Anda. Sapalah mereka dan ucapkanlah terima kasih pada apa yang telah mereka lakukan untuk Anda. Cobalah untuk mengucapkan salam pada mereka tiap berjumpa.
Buanglah sampah Anda sendiri ke dalam tempat sampah. Timbun sampah-sampah organik Anda di dalam tanah. Jangan merokok di tempat umum. Dan sebisa mungkin jangan terlalu sering berkendara dengan kendaraan bermotor. Bukannya ikalau naik angkutan umu lebih hemat ? Sekarang pun angkutan umum semakin nyaman dari sebelumnya. Kalaupun ada yang membuat tidak nyaman itu karena kesalahan kita sendiri. Coba tengok, kenapa kereta sering penuh sesak ? Itu karena kita mementingkan urusna kita dan tega-teganya menyesaki kereta. Jika kereta sudah diisi sesuai kapasitas, maka kereta pasti lebih nyaman. Toh, jumlah kereta tidak hanya satu dan angkutan tidak hanya kereta saja.
Anda adalah bagian dari bangsa ini. Maka banggalah dengan bangsa ini. Jika Anda merasa di bangsa ini tidak ada yang bisa dibanggakan, maka buatlah sesuatu yang membanggakan untuk Anda. Anda bisa menggunakan kemampuan Anda untuk membuat sesuatu yang sederhana tapi bermanfaat untuk banyak orang.

Jika ingin dikenang sejarah, jadilah yang pertama
Jika Anda tidak bisa menjadi yang pertama, jadilah yang terbaik
Jika jadi yang terbaik itu berat, jadilah yang berbeda


Jika tidak bisa jadi matahari, maka jadilah gemintang
ITu lebih baik daripada jadi bulan yang bersinar karena orang lain

Jika tak bisa jadi tanaman di puncak gunug, jadilah pohon tinggi di lereng
Jika tak bisa jadi pohon, jadilah padi di sawah yang menghidupi banyak orang
Jika tak bisa jadi padi di sawah, jadilah bunga di taman yang menyenagkan hati
Jika tidak bisa menjadi bunga yang indah, jadilah rumput
Di OLD TRAFFOLD

Kita adalah pendobrak
Kita adalah orang yang tidak hanya mengekor
Kita membuat jalan kita sendiri


Comments

Popular posts from this blog

TIGA KATA SEMBOYAN DAN SEBUAH IRONI

Permodelan Matematis Teorema Kendali

Mewariskan Nilai, Merawat Harapan