Positivisme dan Realitas Alam Luar
Terjemahan Awal atas Risalah Max Planck yang Memuat Kritiknya atas Positivisme: Positivismus und Reale Aussenwelt
POSITIVISME DAN REALITAS ALAM LUAR
KULIAH OLEH MAX PLANCK, DISAMPAIKAN PADA TANGGAL 12 NOVEMBER 1930
DI HARNACK, RUMAH MASYARAKAT KAISER
WILHELM UNTUK PROMOSI ILMU PENGETAHUAN
LEIPZIG: PERUSAHAAN PENERBIT M.B.H. (AKADEMISCHE VERLAGSGESELLSCHAFT M.B.H.), 1931
[] P1
Nyonya-nyonya dan Tuan-tuan!
Dunia yang kita tinggali ini aneh. Ke
mana pun kita memandang, di semua bidang kebudayaan spiritual dan material,
kita menemukan diri kita berada dalam masa krisis yang parah, yang menampakkan
banyak tanda keresahan dan ketidakamanan di seluruh kehidupan pribadi dan
publik kita. Beberapa ingin melihatnya sebagai awal dari peningkatan besar,
sementara yang lain melihatnya sebagai pertanda penurunan yang tak terelakkan.
Seperti [yang telah terjadi] dalam agama dan seni untuk waktu yang lama,
demikian pula sekarang dalam sains hampir tidak ada prinsip yang tidak
diragukan oleh siapa pun, hampir tidak ada omong kosong (Unsinn) yang
tidak dipercaya oleh siapa pun, dan muncul pertanyaan apakah ada sama sekali kebenaran
yang secara umum dapat dianggap tidak dapat disangkal dan mampu memberikan
pijakan yang kokoh melawan gelombang skeptisisme yang melonjak di mana-mana
[tersebut]. Logika saja, seperti yang kita temui dalam bentuknya yang paling
murni dalam matematika, tidak dapat membantu kita. Karena bahkan jika [logika]
itu sendiri dianggap tidak dapat disangkal, ia tidak dapat melakukan lebih dari
sekadar menghubungkan [pernyataan-pernyataan]; [sementara] agar
[pernyataan-pernyataan itu] menjadi bermakna dalam hal konten, perlu titik
acuan yang tegas. Karena bahkan rantai yang paling kokoh pun tidak dapat
memberikan pegangan yang andal jika tidak dipasang ke titik aman [yang pasti,
tepat, dan tetap].
[] P2
Sekarang di mana kita menemukan landasan
kokoh yang dapat kita gunakan sebagai titik awal pandangan kita tentang alam
dan dunia? Dengan pertanyaan ini, fokus kita mungkin tertuju pada sains alam
yang paling eksak, fisika. Harus diakui, [keilmuan] ini pun tak luput dari
krisis umum. Tingkat ketidakpastian tertentu juga muncul di bidang-bidang
mereka, dan pendapat tentang pertanyaan-pertanyaan epistemologis [yang muncul]
terkadang sangat beragam. Prinsip-prinsip mereka yang sampai sekarang diterima
secara umum, bahkan kausalitas itu sendiri, dibuang ke laut di beberapa tempat.
Ya, fakta bahwa hal seperti ini dapat terjadi dalam fisika dipandang oleh
sebagian orang sebagai gejala tidak dapat diandalkannya semua pengetahuan
manusia. Sebagai seorang fisikawan, saya diizinkan untuk membuat beberapa
komentar tentang situasi di mana fisika menemukan dirinya dalam kaitannya
dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan [tersebut], dari sudut pandang yang
diberikan kepada saya oleh keilmuan saya. Mungkin petunjuk tertentu akan
dihasilkan dari [bidang] ini, yang dapat digunakan untuk menarik kesimpulan di
bidang-bidang aktivitas pikiran manusia yang lain.
[] P3
Positivisme dan Realitas Alam
Luar
I
Sumber dari semua pengetahuan – dan karena
itu juga asal dari setiap ilmu – terletak pada pengalaman pribadi. Ini
[pengalaman] adalah hal-hal yang langsung diberikan [oleh dunia luar kepada
diri], hal paling nyata yang dapat dibayangkan, dan titik awal pertama untuk
menghubungkan rangkaian pemikiran yang membentuk sains. Untuk bahan-bahan yang
dengannya setiap sains dikerjakan, kita menerimanya baik secara langsung
melalui persepsi indra kita atau secara tidak langsung melalui laporan dari
tempat lain, melalui guru kita, melalui tulisan, melalui buku. Tidak ada sumber
pengetahuan lain.
Dalam fisika, kita berurusan dengan
pengalaman-pengalaman yang disampaikan kepada kita di alam mati melalui indra
kita dan yang terungkap dalam pengamatan dan pengukuran yang kurang lebih tepat
/ eksak. Isi dari apa yang kita lihat, dengar, rasakan adalah yang langsung disajikan,
yaitu realitas yang tak tersentuh. Pertanyaan yang muncul sekarang: Apakah
fisika bertahan atas dasar ini? Apakah tugas ilmu fisika secara mendalam
dicirikan ketika seseorang mengatakan bahwa [bidang] itu mencakup [aktivitas]
membawa hubungan hukum yang setepat dan sesederhana mungkin ke dalam isi dari berbagai
pengamatan alam yang tersedia?
[] P4
Dalam [risalah] berikut ini kita ingin
menunjuk / merujuk / menyebut arah epistemologi itu – yang menjawab pertanyaan-pertanyaan
[di atas] ini secara afirmatif dan yang saat ini diwakili dengan tekad penuh oleh
sejumlah fisikawan dan filsuf terkenal, dengan memandang ketidakpastian umum
dari situasi saat ini – sebagai "positivisme". Kata tersebut memang
sudah ada sejak Auguste Comte. Kata tersebut telah digunakan dalam berbagai
arti, namun kejelasan pengucapan / penjelasan berikut ini mengharuskan kita
untuk melampirkan arti yang pasti pada kata tersebut, dan yang diberikan adalah
salah satu yang paling umum digunakan.
Untuk menguji pertanyaan apakah dasar
yang ditawarkan oleh positivisme cukup luas untuk mendukung seluruh bangunan
fisika, kita tidak dapat menemukan cara yang lebih baik daripada melihat ke
mana positivisme membawa kita ketika kita meninjaunya, mempercayainya
sepenuhnya, dan menerimanya sebagai satu-satunya dasar fisika. Dengan metode
ini, saya ingin mengundang Anda hari ini untuk mencobanya. Pertama-tama, kita ingin
mengambil posisi positivisme. Dalam melakukannya, tentu saja kita harus
berusaha untuk melanjutkan dengan cara yang sangat logis, yaitu tidak memberi
ruang pada penilaian yang hanya bersifat kebiasaan dan emosional. Namun, kita akan
menemukan beberapa kesimpulan aneh; tetapi kita dapat yakin bahwa kontradiksi
logis tidak dapat terjadi pada kita. Karena kita selalu berada dalam ruang
lingkup dari apa yang telah dialami, dan dua pengalaman secara logis tidak
pernah dapat saling bertentangan. Dan di sisi lain, kita sama yakinnya [bahwa]
tidak ada pengalaman apa pun yang dikecualikan dari pertimbangan kita, kita pasti
tidak mengabaikan sumber pengetahuan manusia mana pun.
[] P5
Di situlah letak kekuatan positivisme.
Dia berurusan dengan semua pertanyaan yang bisa dijawab dengan observasi, dan
sebaliknya: setiap pertanyaan apa pun yang dia anggap bermakna bisa dijawab
dengan observasi. Jadi, bagi positivisme tidak ada teka-teki mendasar, tidak
ada pertanyaan gelap, semuanya terletak di siang bolong baginya.
Harus diakui, tidak mudah untuk
menjalankan konsepsi ini secara detail. Bahkan dalam penggunaan bahasa
sehari-hari, kita terus-menerus menyimpang darinya. Ketika kita berbicara
tentang suatu objek, misalnya tentang sebuah meja, yang kita maksudkan [dalam
pikiran sebagai meja] adalah sesuatu yang berbeda dari isi pengamatan yang kita
lakukan atas meja tersebut. Kita bisa melihat mejanya, kita bisa menyentuhnya,
kita merasakan kekukuhannya, kekerasannya, kita merasakan sakit saat kita
membenturnya, dll. Oleh karena itu, dalam terang positivisme, meja [tersebut] tidak
lain adalah kompleks dari sensasi yang kita kaitkan dengan istilah meja. Jika
kita menghilangkan semua persepsi indra, sama sekali tidak ada yang tersisa.
Pertanyaan tentang apakah meja itu "benar-benar" tidak masuk akal.
Begitu pula dengan semua konsep fisik secara umum. Seluruh dunia di sekitar
kita [bagi positivisme] tidak lain adalah lambang pengalaman [empiris] yang
kita miliki tentangnya.
[] P6
Tanpa mereka [yaitu pengalaman empiris],
lingkungan tidak ada artinya. Jika pertanyaan yang berkaitan dengan lingkungan
tidak dapat ditelusuri kembali ke pengalaman, pengamatan, maka itu tidak ada
artinya dan tidak akan diterima. Oleh karena itu, tidak ada tempat bagi
metafisika apa pun dalam positivisme.
Mari kita lihat langit yang berbintang.
Ini memberi kita gambaran tentang titik cahaya atau piringan cahaya yang tak
terhitung jumlahnya, yang bergerak di langit dengan cara yang kurang lebih
dapat diukur dengan tepat dan yang radiasinya juga dapat kita ukur menurut
intensitas dan warna. Dilihat secara positivistik, pengukuran ini tidak hanya
menjadi dasar, tetapi juga konten faktual astronomi dan astrofisika yang
sebenarnya dan satu-satunya. Apa yang kita rancang / buat / gunakan untuk
memahami hasil pengukuran adalah [semata-mata] bahan [buatan] manusia, penemuan
bebas [baru]. Entah apa pun yang kita katakan tentangnya, misalnya, baik kita
sepakat dengan pernyataan Ptolemy – bahwa “Bumi adalah pusat dunia yang tenang,
dan matahari dengan semua bintang bergerak mengelilinginya” – ataupun jika kita
sepakat dengan pernyataan Copernicus – bahwa “Bumi adalah titik kecil yang
tidak penting di alam semesta, yang bergerak sekali satu hari berputar
[berotasi] terhadap [poros] dirinya sendiri dan berputar [berevolusi]
mengelilingi matahari setahun sekali – itu [semua] hanyalah cara berbeda dalam
merumuskan pengamatan bagi [penganut] positivisme. [Amatan] Ini membentuk
satu-satunya fakta, dan manfaat teori Copernicus hanyalah terdiri dari fakta bahwa
model rumusannya telah terbukti lebih sederhana dan lebih umum dapat
diterapkan, karena dalam model ekspresi Ptolemeus, lebih banyak komplikasi akan
diperlukan dalam perumusan. dari hukum astronominya.
[] P7
Menurut [paham positivisme] ini,
Copernicus tidak dianggap sebagai penemu yang inovatif, tetapi [hanya] dianggap
sebagai penemu yang brilian. Positivisme tidak terlalu memperhatikan pergolakan
besar jiwa-jiwa yang diprovokasi oleh ajarannya, tentang pertempuran sengit
yang terjadi di atasnya, seperti tentang perasaan hormat yang tenang yang
dibangunkan oleh pemandangan langit berbintang di antara penonton yang saleh
ketika dia menyadari bahwa [pada] setiap [pengamatan tentang] bintang di Bima
Sakti ada matahari seperti matahari kita, dan bahwa setiap nebula spiral
mewakili Bima Sakti lainnya, dari mana cahaya membutuhkan waktu jutaan tahun
untuk mencapai kita, sementara bumi dengan semua umat manusia kemudian
tenggelam menjadi hal yang hampir tidak dapat dipahami di tengah bangunan
kosmik ini.
Namun, ini adalah pemikiran yang
melintasi ranah estetika dan etika. Pada titik ini, di mana pertanyaan
epistemologis terlibat, kita tidak boleh memberi mereka kelonggaran. Jadi, mari
kita lanjutkan pemikiran [positivisme] logis kita.
Karena, menurut doktrin positivis,
persepsi indrawi, sebagai yang diberikan pertama kali / secara primer [dari
alam luar kepada diri pengamat], menandakan [suatu] realitas langsung, pada
prinsipnya tidaklah benar untuk berbicara tentang ilusi indrawi. Apa yang
terkadang bisa menipu kita bukanlah sensasi-sensasi kita itu sendiri, tetapi
kesimpulan yang terkadang kita tarik darinya.
[] P7-8
Jika kita memegang batang lurus di dalam
air pada suatu sudut dan melihatnya tertekuk pada titik pencelupan, [dalam
doktrin positivisme, dianggap bahwa] tekukan itu tidak dibuat-buat oleh
pembiasan cahaya, tetapi tekukan itu sebenarnya ada di sana sebagai persepsi
optik, dan itu hanyalah cara ekspresi yang lain; dan [ekspresi lain] yang lebih
nyaman untuk beberapa aplikasi, [adalah] jika kita merumuskannya sedemikian
rupa sehingga sensasi itu berperilaku seolah-olah batangnya lurus dan
seolah-olah sinar cahaya yang memasuki mata kita dari bagiannya yang terendam
menjalani suatu defleksi saat melewati permukaan air tersebut.
[] P8
Inti dari [contoh-contoh] ini dan semua
pertimbangan [yang] serupa adalah bahwa, dari sudut pandang positivisme, dua
mode ekspresi [yang berbeda bahkan bisa jadi berlawanan seperti itu] pada
dasarnya sepenuhnya [dianggap] sama dan tidak ada gunanya membedakan antara
mereka dari sudut pandang [lain] apa pun selain dari kepraktisan / kemanfaatan
/ kenyamanan penerapan, misalnya penerapannya terhadap rasa / gagasan ingin memenuhi
suatu keputusan.
Namun dalam praktiknya, upaya untuk
menjalankan teori "seolah-olah" ini dengan serius akan menimbulkan
konsekuensi yang agak aneh dan tidak nyaman. Tetapi faktanya tetap bahwa
[absurditas penyetaraan dua ekspresi yang berbeda atas suatu pengamatan yang
sama] itu tidak dapat disangkal dari sudut pandang yang murni logis. Jadi, mari
kita lanjutkan dan lihat, di mana kita akhirnya sampai.
Tidak diragukan lagi bahwa pertimbangan [positivisme]
yang sama berlaku untuk objek-objek alam yang hidup. Sebuah pohon misalnya,
dalam pandangan positivisme, hanyalah kompleks sensasi: kita dapat melihatnya
tumbuh, mendengar gemeresik daunnya, menghirup aroma bunganya. Tetapi jika kita
mengabaikan semua sensasi ini, sama sekali tidak ada yang tersisa yang dapat
kita sebut sebagai "pohon an sich” itu sendiri.
[] P9
Dan apa yang berlaku di dunia tumbuhan
juga harus berlaku di dunia hewan. Berbicara tentang keberadaan yang mandiri,
tentang kehidupannya sendiri, hanya disarankan kepada kita untuk alasan kepraktisan.
Cacing yang ditendang [menjadi] bengkok, Anda bisa melihatnya. Tapi tidak ada
gunanya menanyakan apakah cacing itu merasakan sakit. Karena hanya [cacing] itu
yang merasakan rasa sakitnya sendiri, dan rasa sakit seekor binatang dianggap
ada hanya karena asumsi ini mewakili ringkasan yang mudah dari berbagai
karakteristik yang menyertai [penampakannya], seperti kedutan, distorsi, suara
yang diucapkan, hal-hal [respons] yang sama yang dipicu oleh rasa sakit seperti
pada kita sendiri. Namun, [bila] kita beranjak dari hewan ke manusia, [ada
perbedaan]. Di sini [kasus manusia] pun, positivisme menuntut pembedaan yang murni
antara persepsi sendiri dan persepsi orang lain. Karena hanya pengalamannya
sendiri yang [dianggap] nyata, [sementara] pengalaman orang lain hanya
disimpulkan secara tidak langsung, mereka adalah sesuatu yang berbeda secara
fundamental dan akibat [ketidaklangsungan]-nya juga harus diperhitungkan [untuk
menempatkan laporan pengamatan pihak lain itu] di antara penemuan yang berguna
[dalam perumusan sains].
Sepasti [apa pun] konsepsi [positivistik]
ini dapat diterapkan sepenuhnya tanpa harus takut akan kontradiksi logis,
bagaimanapun juga [ia] berakibat fatal bagi ilmu fisika. Karena jika [ilmu] ini
tidak memiliki tujuan apa pun selain deskripsi pengalaman indrawi [empiris]
yang paling sederhana, maka, tegasnya, ia [fisikawan] hanya dapat memiliki
pengalamannya sendiri sebagai objeknya.
[] P10
[Hal itu] Karena hanya pengalamannya
[pengamat langsung] sendiri yang terutama / secara primer diberikan. Sekarang
jelas bahwa seseorang tidak dapat membangun ilmu yang lengkap di atas
pengalaman indranya sendiri, tidak peduli seberapa serba guna seseorang, dan
karena itu seseorang dihadapkan pada alternatif melakukan [pengamatan] tanpa
ilmu yang komprehensif sama sekali, atau apa pun [posisi] positivis yang paling
ekstrim, [sehingga saintis itu] hampir tidak akan mengerti [secara
komprehensif], atau untuk masuk ke dalam kompromi [yaitu menganggap bahwa
pengamatan orang lain juga valid] dan juga untuk memasukkan pengalaman [orang] asing
[ke] dalam dasar sains, meskipun secara tegas sudut pandang asal [positivisme] –
[yaitu] hanya mengakui apa yang diberikan [dalam pengamatan secara] primer –
ditinggalkan. Karena pengalaman [orang] asing hanya diberikan secara sekunder,
melalui laporan tentangnya. Di sini, kemudian, sebuah faktor baru [mesti] disisipkan:
kredibilitas dan reliabilitas laporan, baik lisan maupun tulisan, dalam
definisi ilmu pengetahuan, dan dengan ini, dasar positivisme, keterusterangan
materi ilmiah, dipatahkan secara logis pada satu titik.
Tetapi jika kita mengabaikan kesulitan
ini sejenak, jika kita berasumsi bahwa semua laporan pengalaman fisik dapat
diandalkan, atau setidaknya satu [seseorang] memiliki cara yang sempurna untuk
menghilangkan [laporan hasil pengamatan orang lain] yang tidak dapat
diandalkan, maka tentu saja semua fisikawan yang diakui sebagai jujur dan dapat
diandalkan [yang] memiliki [karakteristik laporan yang dapat diandalkan] itu
sekarang dan [di] masa lalu, mereka berhak untuk mempertimbangkan pengalaman
mereka [maksudnya agar laporan mereka dapat dipertimbangkan dalam perumusan
sains], dan tidak ada alasan untuk mengecualikan beberapa [di antara mereka].
[] P11
Secara khusus, tidak sepenuhnya
dibenarkan untuk memberikan pertimbangan yang kurang lengkap kepada seorang peneliti
ketika peneliti lain tidak ditakdirkan untuk memiliki pengalaman [pengamatan]
yang serupa dengannya.
Dari sudut pandang ini sama sekali tidak
dapat dimengerti dan dibenarkan bahwa, misalnya, apa yang disebut sinar-N,
[yang] ditemukan oleh fisikawan Prancis Blondlot pada tahun 1903 dan dipelajari
secara luas pada saat itu, sekarang diabaikan sama sekali. Rene Blondlot,
profesor di Universitas Nancy, tentu saja adalah seorang peneliti yang luar
biasa dan andal, dan penemuannya merupakan pengalaman yang sama baiknya dengan
fisikawan lainnya. Kita tidak boleh mengatakan bahwa dia menjadi korban
halusinasi; karena tidak ada halusinasi dalam fisika positivistik, seperti yang
telah kita lihat. Sebaliknya, sinar-N harus diperlakukan sebagai realitas yang
diberikan secara primer. Dan jika tidak ada yang bisa mereproduksinya selama
bertahun-tahun sejak Blondlot dan sekolahnya [mazhabnya], orang tidak akan
pernah tahu, dari sudut pandang positivistik, apakah suatu hari nanti mereka
akan membuat dirinya teralami / teramati lagi dalam keadaan khusus / tertentu.
Orang harus menerima bahwa jumlah pribadi
[orang] yang pengalamannya berharga bagi ilmu fisika hanya bisa sangat kecil.
Tentu saja, yang dipertimbangkan hanya orang-orang yang mengabdikan diri secara
khusus pada ilmu ini, karena pengalaman orang lain di bidang ini kurang lebih
buruk. Selain itu, semua ahli teori disingkirkan sejak awal; karena pengalaman
mereka pada dasarnya hanya sebatas konsumsi tinta, kertas dan materi otak
[spekulasi pemikiran], tetapi tidak mengandung bahan baru bagi perkembangan
ilmu pengetahuan.
[] P12
Jadi hanya fisikawan eksperimental yang
tersisa, dan terutama mereka yang memiliki instrumen yang sangat sensitif untuk
penyelidikan khusus. Jadi, pengalaman yang relevan dengan kemajuan ilmu fisika
pada dasarnya terbatas pada beberapa individu saja.
Tapi bagaimana bisa dipahami [alasan]
pengalaman Oersted, yang mengamati pengaruh arus galvanis pada jarum kompasnya,
atau Faraday, yang menghadapi efek induksi elektromagnetik untuk pertama kalinya,
atau Hertz, yang melihat dengan kaca pembesar percikan listrik kecil di titik
fokus cermin parabolanya, menyebabkan sensasi dan pergolakan di dunia fisika
internasional? Positivisme hanya dapat memberikan jawaban yang sangat
berbelit-belit dan sangat tidak memuaskan atas pertanyaan ini. Dia harus
menarik kredibilitas teori yang menawarkan prospek bahwa pengalaman tunggal dan
tidak penting ini akan mengarah pada sejumlah besar pengalaman penting dan
konsekuensial pada orang lain. Tetapi di sisi lain, teori positivis dibedakan
dan membanggakan dirinya pada fakta bahwa ia ingin memberikan tidak lebih dari
deskripsi pengalaman yang benar-benar hadir [secara primer], dan pertanyaan
mengapa pengalaman tertentu dari seorang fisikawan individual, bahkan dalam kasus
deskripsi yang sangat primitif, memiliki arti langsung [primer] bagi semua
fisikawan lain di seluruh dunia, tetap tidak teruji dari sudut pandang mereka
dan harus ditolak karena secara fisik tidak berarti.
[] P13
Alasan fenomena mencolok ini mudah dilihat.
Positivisme yang dijalankan secara konsisten menafikan konsep dan keharusan
suatu tujuan, yaitu bahwa fisika independen dari individualitas peneliti. Dia
terpaksa melakukan ini karena dia pada dasarnya tidak mengakui realitas lain
selain pengalaman fisikawan individual. Saya tidak perlu mengatakan bahwa
pernyataan ini dengan tegas menjawab pertanyaan apakah positivisme cukup untuk
membangun ilmu fisika; karena ilmu yang pada prinsipnya menyangkal predikat
objektivitas [pada] dirinya dengan demikian berbicara [dengan] penilaiannya
sendiri. Fondasi yang diberikan positivisme pada fisika, meskipun cukup
beralasan, terlalu sempit; ia harus diperbesar dengan tambahan, yang artinya
adalah bahwa sains harus dibebaskan sejauh mungkin dari kontingensi yang disebabkan
oleh rujukan pada satu individu manusia yang dibawa ke dalam mereka. Dan itu
terjadi melalui langkah mendasar ke dalam metafisika, tidak melalui logika
formal, tetapi melalui penalaran yang sehat, yaitu melalui hipotesis bahwa
pengalaman kita sendiri tidak membentuk dunia fisik, bahwa mereka hanya memberi
kita informasi tentang dunia lain, di belakangnya dan yang mana independen dari
kita, dengan kata lain dunia luar yang nyata ada.
[] P14
Dengan melakukan itu kita memotong/membuang
[sifat] "seolah-olah" [dari] positivisme dan menghubungkan tingkat
realitas yang lebih tinggi dengan apa yang disebut penemuan fungsional, yang
telah kita bahas [dalam] beberapa contoh spesifik di atas, alih-alih [sekadar] deskripsi
langsung dari sensasi langsung [primer]. Fisika: tidak harus menggambarkan
pengalaman, tetapi harus mengenali dunia luar yang nyata.
Namun, kesulitan epistemologis baru kini
muncul. Karena positivisme akan selalu benar jika mengatakan bahwa tidak ada
sumber pengetahuan lain selain sensasi indra. Dua proposisi: "Ada dunia
luar yang nyata [yang] terlepas / terpisah / berada di luar dari kita" dan
"Dunia luar yang nyata tidak segera dapat dikenali [secara langsung /
primer]" bersama-sama membentuk poros dari seluruh ilmu fisika. Tetapi
mereka berdiri dalam kontras tertentu satu sama lain dan pada saat yang sama
mengungkapkan elemen irasional yang melekat dalam fisika serta dalam setiap
sains lainnya, dan yang berdampak bahwa sains tidak pernah sepenuhnya mampu
menyelesaikan tugasnya. Kita harus menerima ini sebagai fakta yang tidak dapat
digoyahkan, dan yang tidak dapat disingkirkan, seperti yang diinginkan oleh
positivisme, dengan membatasi tugas sains secara tepat sejak awal.
[] P15
Kerja-kerja sains menampilkan dirinya
kepada kita sebagai perjuangan tanpa henti untuk tujuan yang [tampak] tidak
akan pernah tercapai dan, pada prinsipnya, [memang] tidak akan pernah tercapai.
Karena tujuannya [yang sebenarnya] adalah metafisik, itu terletak di balik
semua pengalaman.
Tetapi bukankah [dalam] semua sains dinyatakan
[bahwa] tidak ada artinya untuk mengatakan bahwa [kerja-kerja sains] itu hanya
mengejar hantu yang terbang [melayang / gamang]? – Sama sekali tidak. Karena
justru dari perjuangan terus-menerus inilah buah-buahan berharga tumbuh dalam
jumlah yang terus bertambah, yang memberi kita bukti nyata, tetapi juga
[menjadi] satu-satunya bukti bahwa kita berada di jalan yang benar dan bahwa
kita terus bergerak sedikit lebih dekat ke tujuan, yang mengisyaratkan jarak
yang tak terjangkau. Bukan kepemilikan kebenaran, melainkan pencarian
[kebenaranlah] yang berhasil menyuburkan dan membuat peneliti bahagia. Ini
adalah kesadaran yang telah disadari oleh para pemikir yang berwawasan jauh
sebelum Lessing memberinya karakter klasik dalam perkataannya yang terkenal.
II
Tujuan ideal fisikawan adalah
pengetahuan tentang dunia luar yang nyata; tetapi satu-satunya alat
penelitiannya, pengukurannya, tidak pernah memberitahunya [pemahaman] apa pun
secara langsung [primer] tentang dunia nyata [fisik], tetapi selalu hanya pesan
tertentu yang kurang lebih tidak pasti, atau, seperti yang pernah dikatakan
Helmholtz, tanda-tanda yang disampaikan dunia nyata kepadanya, dan dari situ
dia kemudian mencoba menarik kesimpulan, seperti ahli bahasa yang harus
mengurai dokumen yang berasal dari kebudayaan yang sama sekali tidak dikenal.
[] P16
Apa yang dia asumsikan dan harus [dia]
asumsikan sejak awal, jika pekerjaannya ingin berhasil, adalah bahwa dokumen
tersebut [mesti] memiliki makna tertentu yang masuk akal. Fisikawan juga harus
berasumsi bahwa dunia nyata [fisik] mematuhi hukum-hukum tertentu yang dapat
kita pahami, bahkan jika dia tidak memiliki prospek untuk sepenuhnya memahami
hukum-hukum ini atau bahkan menetapkan sifatnya dengan kepastian mutlak sejak
awal.
Percaya pada hukum dunia nyata, dia
sekarang membentuk sistem konsep dan kalimat, yang disebut gambaran dunia
fisik, yang dia lengkapi dengan pengetahuan dan kemampuan terbaiknya sedemikian
rupa sehingga, ketika diganti dengan dunia nyata, itu memberinya pesan yang
sama sejauh mungkin mengirim daripada ini. Sejauh dia berhasil melakukan
[penafsiran dokumen] ini, dia mungkin, tanpa takut sanggahan faktual, membuat
pernyataan dia benar-benar mengenali satu sisi dari dunia nyata, meskipun,
tentu saja, pernyataan seperti itu tidak pernah dapat dibuktikan secara
langsung. Tanpa terlihat arogan, seseorang mungkin mengungkapkan keheranan dan
kekagumannya terhadap betapa tingkat kesempurnaan yang tinggi dari pikiran
manusia yang ingin tahu telah mampu membentuk gambaran fisik dunia sejak zaman
Aristoteles. Dari sudut pandang positivisme, gagasan tentang pandangan dunia
fisik dan perjuangan terus-menerus untuk mendapatkan pengetahuan tentang
[Realitas Total, des Realen] yang nyata tentu saja merupakan sesuatu
yang asing dan tidak berarti. Karena [bagi positivisme] di mana tidak ada
objek, tidak ada yang bisa digambarkan [dalam pengalaman].
[] P17
Dengan demikian, tugas gambaran dunia
fisik dapat dicirikan sebagai bahwa ia harus membangun hubungan terdekat yang
mungkin antara realitas dunia nyata [der realen Welt] dan dunia
pengalaman indrawi [der Welt der sinnlichen Erlebnisse].Yang terakhir
inilah yang pada awalnya memasok materi, dan pemrosesan materi [kemudian]
berlangsung. Pada hakikatnya, segala sesuatu dipisahkan dan dihilangkan dari kompleks
pengalaman fisik yang muncul karena sifat khusus dari kasus individual, yaitu
sifat alat indra manusia atau alat ukur yang digunakan.
Selebihnya, gambaran fisik dunia harus
memenuhi dari awal hanya satu syarat, yaitu secara logis bebas dari kontradiksi
di semua bagiannya. Jika tidak, pematung diberikan kebebasan sepenuhnya, ia
dapat melanjutkan dengan otonomi tak terbatas dan tidak perlu memaksakan
batasan apa pun pada imajinasinya. Tentu saja, ada juga tingkat
kesewenang-wenangan dan ketidakpastian yang signifikan dalam hal ini, dan
karenanya sifat tugas / predisposisi – (Aufgabe: kecenderungan terhadap operasi
mental tertentu yang melekat pada sifat suatu tugas atau disampaikan melalui
instruksi untuk melakukannya; tugas atau penugasan) – terbukti jauh lebih sulit
daripada yang mungkin terlihat dari perspektif naif. Bahkan dengan langkah
pertama, yang terdiri dari menggabungkan hasil pengukuran individu ke dalam
hukum terpadu, spekulasi bebas harus dimulai, karena peneliti segera dipaksa
untuk melampaui apa yang diberikan dalam pengalaman [pengamatan]. Dia
menghadapi tugas yang sama seperti ketika dia harus menghubungkan sejumlah
titik individual yang ditarik oleh sebuah kurva.
[] P18
Seperti diketahui, tidak peduli seberapa
dekat titik-titik itu, selalu ada banyak kurva yang tak terhingga. Bahkan jika
seseorang menggunakan alat perekam yang berada dalam gerakan konstan, yang
secara independen merekam kurva lengkap, misalnya, jika kurva suhu dicatat,
kurva ini tidak pernah tajam [yaitu bukan satu garis kurva yang tipis],
melainkan garis yang kurang lebih tebal di mana ada ruang untuk [memuat] jumlah
kurva tajam [tipis] yang tak terbatas.
Untuk mengambil keputusan khusus dari ketidakpastian
ini, tidak ada peraturan yang dapat digunakan secara umum. Hanya pemikiran
khusus yang dapat membantu di sini, pemikiran yang mengarah pada pengenalan
hipotesis berdasarkan kombinasi ide-ide khusus tertentu, yang sejak awal
menentukan sifat-sifat tertentu untuk kurva yang diinginkan dan dengan demikian
memilih yang sangat spesifik dari [kemungkinan] jumlah kurva [yang tak] tak
terhingga. Pemikiran baru seperti itu berasal dari luar semua logika; untuk
dapat memahaminya, fisikawan harus memiliki dua kualitas: keahlian dan
imajinasi kreatif. Pertama, ia juga harus terbiasa dengan jenis pengukuran
lainnya, dan kedua, ia harus memiliki gagasan untuk membawa dua jenis
pengalaman pengukuran yang berbeda ke dalam sudut pandang yang sama. Setiap
hipotesis yang kuat berasal dari kombinasi yang baik dari dua gambaran
pengalaman yang berbeda.
[] P18-19
[Kombinasi pengalaman seperti] Ini juga
dapat ditelusuri dalam banyak kasus secara historis secara mendetail, dari
Archimedes, yang menggabungkan penurunan berat badannya sendiri di dalam air
dengan penurunan berat mahkota emas tiran Syracuse yang terbenam di dalam air,
hingga Newton, yang menggabungkan [pengamatan] kejatuhan tentang sebuah apel
dari pohon yang memiliki gerakan [seperti] bulan melawan bumi [dengan konsep
gerakan benda langit], kepada Einstein, yang menggabungkan keadaan benda [terdampak]
gravitasi dalam kotak diam dengan keadaan benda bebas gravitasi dalam kotak
yang dipercepat ke atas, atau untuk Bohr, yang menggambarkan [persepsinya
tentang] sirkulasi elektron di sekitar inti atom yang digabungkan dengan [konsepsi
tentang] orbit planet mengelilingi matahari.
[] P19
Ini tentu akan menjadi upaya yang
menarik untuk melacak secara rinci, bagi sebanyak mungkin hipotesis signifikan
dalam fisika, hubungan ide-ide yang menjadi asal mereka, meskipun tugas seperti
itu memiliki kesulitan besar. Karena sejak dahulu kala, para ahli kreatif,
karena alasan pribadi tertentu, tidak suka mengungkapkan kepada publik alur
pemikiran terbaik yang mereka gunakan untuk memutar [mengelaborasikan]
hipotesis mereka, yang seringkali juga mengandung hal-hal yang tidak penting.
Sejauh kegunaan hipotesis diperhatikan, [perspektif
kombinasi ide] itu hanya dapat diuji dengan menurunkan konsekuensinya. Ini
dilakukan dengan prosedur yang murni logis, terutama matematis, yang
menggunakan hipotesis sebagai titik awal dan mengembangkan teori yang selengkap
mungkin. Kemudian pernyataan-pernyataan khusus [diturunkan] dari teori yang
dapat dihubungkan dengan pengukuran [tersebut], dan tergantung pada apakah
hubungan tersebut ditemukan memuaskan atau tidak, [lalu] kesimpulan yang
menguntungkan atau tidak menguntungkan ditarik [dari] pada hipotesis awal.
[] P20
Keadaan ini mengungkapkan di atas
segalanya fakta luar biasa [bahwa] kemajuan sains fisika tidak terjadi dalam
perkembangan yang terus maju, sesuai dengan pendalaman dan penyempurnaan
pengetahuan kita secara bertahap, tetapi itu berlangsung dengan cara yang
tersentak-sentak dan eksplosif. Setiap hipotesis baru yang muncul mewakili semacam
letusan mendadak, lompatan ke dalam kegelapan, yang secara logis tidak dapat
dijelaskan. Kemudian sebuah teori baru lahir, yang, setelah terungkap,
berkembang dengan mantap dan kurang lebih tak terelakkan dan akhirnya
mengetahui nasibnya dari pengukuran. Selama hasilnya menguntungkan, hipotesis
[tersebut] semakin mendapat otoritas, dan perkembangan teori [itu] terus
menyebar. Namun, segera setelah kesulitan muncul di suatu tempat dalam
interpretasi hasil pengukuran, keraguan, ketidakpercayaan, kepedihan kritis
muncul. Ini adalah tanda-tanda sekaratnya [teori] yang lama dan matangnya
hipotesis baru, yang tugasnya menyelesaikan krisis dan melahirkan teori lain
yang mempertahankan keunggulan [teori] yang lama dan memperbaiki kekurangannya.
Dengan demikian perkembangan pengetahuan fisik terjadi dalam interaksi yang
konstan, terkadang dalam skala kecil, terkadang dalam skala besar, dalam
perjalanannya untuk menyelidiki dunia luar yang nyata. Ini dapat ditelusuri
sepanjang sejarah fisika.
[] P21
Hanya mereka yang telah mengikuti secara
rinci kesulitan dan konflik di mana teori Lorentzian yang indah tentang
elektrodinamika benda [akhirnya berhasil] bergerak masuk ke dalam [yaitu
dibuktikan oleh hasil] pengukuran akan dengan benar menghargai perasaan lega
penebusan yang dibawa oleh pembentukan hipotesis relativitas. Dan sesuatu yang
sangat mirip dapat diamati dengan hipotesis kuantum, kecuali bahwa saat ini
kita belum sepenuhnya melewati krisis.
Karena pembuat hipotesis memiliki tangan
bebas sepenuhnya sejak awal sehubungan dengan kata-kata [pernyataan] hipotesis,
ia dapat beralih dengan kedaulatan penuh dalam memilih konsep dan kalimat yang
akan diperkenalkan, asalkan tidak menunjukkan kontradiksi logis. Tidaklah
benar, seperti yang kadang-kadang diklaim di kalangan fisikawan, bahwa ketika
menyusun hipotesis fisik, seseorang hanya boleh menggunakan istilah-istilah
yang maknanya telah ditentukan sejak awal melalui pengukuran, yaitu yang
independen dari teori apa pun, [dan yang telah] didefinisikan dengan cukup baik.
Karena pertama, setiap hipotesis, sebagai bagian dari pandangan dunia fisik,
adalah produk dari jiwa manusia yang benar-benar bebas berspekulasi, dan kedua,
tidak ada kuantitas fisik apa pun yang dapat diukur secara langsung [primer].
Sebaliknya, pengukuran selalu memperoleh makna fisiknya hanya melalui
interpretasi yang diberikan oleh teori. Siapa pun yang mengetahui [hasil
pengamatan] di laboratorium [yang] presisi dapat bersaksi bahwa bahkan
pengukuran yang paling langsung dan halus [sekalipun], seperti berat atau arus,
agar berguna secara fisik, memerlukan sejumlah koreksi yang hanya [dapat]
didasarkan pada teori, karenanya hipotesis, dapat diturunkan.
[] P22
Pembuat hipotesis memiliki kemungkinan
dan alat yang hampir tidak terbatas, ia hanya sedikit bergantung pada kinerja
fisiologis indranya seperti pada penggunaan alat pengukur fisik. Dengan mata
[pandangan] mentalnya, dia melihat melalui dan mengontrol proses terbaik yang
terjadi dalam struktur fisik, dia mengikuti pergerakan setiap elektron, dia mengetahui
frekuensi dan fase setiap gelombang, ya, dia bahkan menciptakan geometrinya
sendiri sesuka hati. Dan dengan alat spiritualnya, instrumennya dengan akurasi
ideal, dia campur tangan dalam semua peristiwa fisik sesuka hati untuk
melakukan eksperimen pikiran yang paling berani dan untuk menarik kesimpulan
yang jauh dari hasil. Semua kesimpulan semacam itu, tentu saja, tidak ada
hubungannya sama sekali dengan pengukuran aktual. Oleh karena itu, hipotesis
itu sendiri tidak pernah dapat dibuktikan secara langsung benar atau salah
dengan pengukuran; itu hanya bisa menjadi lebih atau kurang berguna.
Dan itu membawa kita ke sisi lain dari
masalah ini. Kewaskitaan ideal mata [pandangan] spiritual sehubungan dengan
semua proses di dunia fisik hanya terjadi karena [persepsi atas] dunia ini
hanyalah citra dunia nyata yang dibentuk [dalam pengalaman diri] sendiri,
sehingga pengetahuan penuh tentangnya dan kendali tak terbatas atasnya pada
dasarnya merupakan persoalan yang natural [untuk dibahas] (Selbstverständlichkeit,
yang dapat dimaklumi untuk muncul dengan sendirinya).
[] P23
Setiap hipotesis fisik hanya memperoleh
makna untuk realitas, dan dengan demikian nilai aktualnya, ketika teori yang
mengalir darinya dihubungkan dengan pengalaman pengukuran. Sekarang, seperti
yang telah kita lihat, pengukuran mengajarkan kita tentang gambaran fisik dunia
yang sama sedikitnya dengan [yang diajarkan oleh] dunia nyata; sebaliknya,
setiap pengukuran menandakan proses tertentu dalam organ indra fisikawan yang
melakukan pengukuran atau dalam alat ukur yang digunakannya, yang hanya satu
yang pasti berhubungan dengan proses nyata yang akan diukur. Oleh karena itu,
arti fisik dari suatu pengukuran tidak segera [langsung / primer] diberikan,
tetapi menetapkannya adalah tugas sains, yang [porsinya] sama banyaknya dengan
menyelidiki prosedur /alur / jalur / aliran (Ablaufs) hukum dari setiap proses
lainnya. Dan juga metode penelitiannya sama, [yaitu dengan premis bahwa]
seseorang harus memasukkan semua detail proses pengukuran dalam gambaran dunia
fisik, jadi seseorang juga harus mencoba melihat melalui organ indra fisikawan
pengukur atau alat pengukurnya dan proses yang terjadi di sana dengan mata
spiritual penerawang ideal. Hanya dengan cara ini dimungkinkan untuk lebih
dekat memahami hubungan hukum antara pengalaman pengukuran dan sifat dari
proses yang diukur. Kesulitan epistemologis yang baru-baru ini dihadapi fisika
teoretis melalui pengembangan hipotesis kuantum tampaknya didasarkan pada fakta
bahwa mata [pandangan] fisik fisikawan pengukur telah diidentifikasi dengan
cara yang jelas tetapi tidak dapat dibenarkan dengan mata [pandangan] spiritual
fisikawan yang berspekulasi, sedangkan yang pertama adalah objek dari yang
terakhir.
[] P24
Karena setiap pengukuran dikaitkan
dengan intervensi kausal tertentu yang kurang lebih terlihat selama proses yang
akan diukur, pada prinsipnya tidak mungkin untuk sepenuhnya memisahkan hukum
proses fisik dari metode pengukurannya. Memang benar bahwa dalam kasus proses
yang lebih kasar, seperti yang melibatkan banyak atom, metode pengukuran
[tersebut] sebagian besar tidak relevan, dan oleh karena itu asumsi secara
bertahap menjadi mapan dalam fisika teoretis sebelumnya, yang sekarang disebut
zaman klasik, bahwa pengukuran memberikan wawasan langsung ke dalam proses
nyata yang dapat diberikan. Tetapi dalam asumsi ini, seperti yang telah kita
bahas secara rinci di atas, ada kesalahan mendasar, kesalahan yang persis
kebalikan dari kesalahan yang dilakukan positivisme ketika mempertimbangkan
pengalaman terukur saja dan mengabaikan proses nyata sama sekali. Sesedikit
yang diizinkan, sangat kecil kemungkinannya untuk mematikan pengukuran
sepenuhnya dan untuk sampai ke proses riil itu sendiri. Memang, dalam
keberadaan aksi kuantum yang tak terpisahkan, bahkan ada batas yang sangat
pasti dan dapat ditentukan secara numerik, di luar itu bahkan metode pengukuran
fisik terbaik tidak dapat memberikan informasi apa pun tentang semua pertanyaan
tentang detail proses riil. Oleh karena itu, satu-satunya kesimpulan yang
tersisa adalah bahwa pertanyaan semacam itu sama sekali tidak memiliki arti
fisik.
[] P25
Ini adalah titik di mana hasil
pengukuran harus dilengkapi dengan spekulasi bebas untuk melengkapi gambaran
dunia fisik sejauh mungkin dan, dengan demikian, sedikit lebih dekat untuk
mewujudkan dunia nyata. —
Meninjau kembali kita dapat mengatakan
bahwa kemajuan ilmu fisika dalam hal konten terutama bergantung pada pengembangan
metode pengukuran. Dalam hal ini, kita sepenuhnya berbagi sudut pandang [dengan]
positivisme. Tetapi perbedaannya adalah, menurut pandangan positivis,
pengalaman pengukuran membentuk elemen utama yang tak terpisahkan di mana semua
sains dibangun, sedangkan sebaliknya, dalam fisika aktual, pengukuran dianggap
sebagai sesuatu yang lebih atau kurang terhubung secara rumit yang mengemukakan
hasil akhir interaksi antara proses-proses di dunia luar dengan proses-proses
di dalam alat ukur atau organ indra, yang [mana] penguraian dan interpretasinya
yang tepat merupakan tugas utama penelitian ilmiah. Oleh karena itu, di atas
segalanya, pengukuran harus diatur secara tepat, karena setiap pengaturan
eksperimental mewakili formulasi khusus dari pertanyaan tertentu terhadap alam.
Tetapi pertanyaan yang masuk akal hanya
dapat dicapai dengan bantuan teori yang masuk akal. Karena seseorang tidak
boleh percaya seseorang dapat sampai pada penilaian tentang makna fisik dari
suatu pertanyaan tanpa menggunakan teori sama sekali. Sebaliknya, cukup sering
terjadi bahwa pertanyaan tertentu memiliki makna fisik menurut satu teori
tetapi tidak menurut teori lain, dan karena itu maknanya berubah bersamaan
dengan perubahan teori.
[] P26
Mari kita ambil misalnya, pertanyaan [tentang]
mengubah logam tidak mulia, katakanlah merkuri, menjadi emas. Pertanyaan ini
memiliki makna yang dalam di masa para alkemis, banyak peneliti telah
mengorbankan kekayaan dan kesehatan mereka untuk menyelesaikannya. Setelah
pengenalan teori konservasi atom, pertanyaan itu kehilangan maknanya dan
umumnya dianggap bodoh untuk dikejar. Saat ini, sejak diperkenalkannya model
atom Bohr, yang menurutnya atom emas berbeda dari atom merkuri hanya dengan
tidak adanya elektron tunggal, pertanyaannya kembali menjadi begitu akut
sehingga telah ditangani lagi dengan menggunakan alat penelitian paling modern.
Anda juga dapat melihat di sini: pada akhirnya, mencoba lebih penting daripada
belajar. Ya, bahkan percobaan yang gagal pun dapat, jika ditafsirkan dengan
benar, memberikan wawasan yang paling penting.
Dengan demikian, upaya yang kurang lebih
serampangan untuk membuat emas meletakkan dasar bagi ilmu kimia ilmiah, masalah
mobilitas abadi yang tak terpecahkan memunculkan prinsip konservasi energi, dan
upaya sia-sia untuk mengukur gerak absolut bumi memberikan kesempatan untuk
menegakkan teori relativitas. Penelitian eksperimental dan teoritis selalu
bergantung satu sama lain. Tidak ada yang bisa maju tanpa yang lain.
[] P27
Tentu saja, kadang-kadang [saintis] tergoda
setelah itu, begitu wawasan baru muncul, [untuk] tidak hanya untuk menyatakan
masalah tertentu yang berhubungan dengannya sebagai tidak berarti, tetapi juga
ingin membuktikan ketidakberartiannya secara apriori. Tapi ini [cuma] ilusi.
Dengan sendirinya, baik gerakan absolut bumi, yaitu gerakan bumi dalam
kaitannya dengan eter cahaya, maupun ruang absolut Newtonian, secara fisik
tidak berarti, seperti yang dapat dibaca dalam beberapa representasi populer
dari teori relativitas. Yang pertama hanya menjadi demikian ketika teori
relativitas khusus diperkenalkan, yang terakhir ketika teori relativitas umum
diperkenalkan.
Seseorang dapat mengikuti di mana-mana
bagaimana pandangan ilmiah tertentu, yang sepenuhnya dibenarkan dalam dirinya
sendiri, telah berakar kuat selama berabad-abad dan karena itu sering diterima
begitu saja, diguncang dan akhirnya ditekan oleh teori-teori baru yang lebih
kuat.
III
Pertarungan pendapat bahkan belum
berhenti di dasar semua penelitian ilmiah sebelumnya, [yaitu tentang] hukum
kausalitas. Apakah hukum sebab-akibat berlaku, seperti yang selalu diasumsikan,
untuk setiap proses fisik, hingga perincian terakhir, atau hanya memiliki
ringkasan [umum], signifikansi statistik ketika diterapkan pada proses terbaik
[terdetail] dalam atom? Pertanyaan ini juga tidak dapat diputuskan sebelumnya,
baik secara epistemologis murni ataupun dengan pengukuran.
[] P28
Sebaliknya, itu sepenuhnya tergantung
pada kebijaksanaan fisikawan yang berspekulasi dan membentuk bangunan hipotetisnya,
[yaitu] apakah dia lebih suka melengkapi pandangan dunianya dengan dinamika
yang ketat atau dengan kausalitas statistik. Satu-satunya hal yang penting
adalah seberapa jauh dia berhasil. Dan itu hanya dapat diuji dengan
pertama-tama secara tentatif memutuskan salah satu dari dua sudut pandang [tersebut]
dan kemudian melihat konsekuensi apa yang didapat seseorang dari sudut pandang
itu, seperti yang kita lakukan di awal diskusi kita saat ini, ketika memeriksa
pencapaian yang telah dicapai [oleh] positivisme. Pada prinsipnya tidak ada
bedanya yang mana dari dua sudut pandang yang dipilih pertama kali, dalam
praktiknya orang akan memilih yang memberikan kepuasan lebih dari awal [lebih
optimal]; dan bagi saya, saya ingin sangat percaya bahwa asumsi kausalitas yang
ketat lebih disukai hanya karena legalitas dinamis berjalan lebih jauh dan
lebih dalam daripada statistik, yang meninggalkan nilai-nilai kognitif tertentu
sejak awal. Karena dalam fisika statistik hanya ada hukum yang berhubungan
dengan banyaknya peristiwa. Meskipun peristiwa-peristiwa individual secara
tegas diperkenalkan dan diakui seperti itu, pertanyaan tentang jalur hukumnya
dinyatakan tidak berarti sejak awal. Itu tampaknya sangat tidak memuaskan bagi
saya. Saya juga tidak melihat sedikit pun alasan untuk meninggalkan asumsi
legalitas yang ketat, baik dalam gambaran fisik maupun spiritual dunia.
[] P29
Tentu saja, hukum kausal yang tegas
tidak secara langsung dapat diterapkan pada rangkaian pengalaman. Hanya koneksi
statistik yang dapat dibangun di antara [rangkaian] pengalaman. Bahkan
pengukuran paling tajam pun selalu mengandung kesalahan acak yang tidak dapat
dikendalikan. Tetapi, seperti yang telah kita lihat, secara obyektif, sebuah
pengalaman adalah sebuah proses yang dihasilkan dari banyak elemen yang
berbeda, dan bahkan jika setiap elemen individual terhubung menurut hukum
kausal yang ketat dengan elemen individual lain dari pengalaman berikutnya, pengalaman
selanjutnya yang sama sekali sangat berbeda dapat muncul dari pengalaman yang
sangat spesifik yang dianggap sebagai penyebab, tergantung pada sifat komposisi
dasarnya.
Tetapi, di sini muncul pertanyaan yang
tampaknya menentang asumsi kausalitas yang ketat, setidaknya di bidang
intelektual, dengan penghalang yang tidak dapat diatasi pada prinsipnya, dan
yang ingin saya bahas sebentar karena kepentingan manusianya yang tertinggi:
pertanyaan [tentang] kehendak bebas. Karena kebebasan berkehendak secara
langsung dijamin oleh kesadaran kita sendiri, yang merupakan contoh terakhir
dan tertinggi dari fakultas kognitif kita.
Apakah kehendak manusia benar-benar
bebas atau ditentukan secara ketat? Kedua alternatif ini tampaknya benar-benar
eksklusif satu sama lain, dan karena yang pertama jelas harus ditegaskan,
asumsi kausalitas yang ketat tampaknya telah direduksi secara ad absurdum
setidaknya dalam satu kasus.
[] P30
Banyak upaya telah dilakukan untuk
memecahkan dilema ini, sering kali dengan mencoba menetapkan batas di mana
validitas hukum kausalitas tidak dapat melampauinya. Baru-baru ini,
perkembangan fisika modern juga diperhitungkan dan kehendak bebas digunakan
secara langsung sebagai pendukung asumsi kausalitas statistik murni. Karena
saya sudah memiliki kesempatan untuk menekankan pada kesempatan lain, saya
tidak setuju dengan pandangan seperti itu. Jika itu benar, kehendak manusia
akan direndahkan menjadi sebuah organ kebetulan / probabilitas yang buta.
Menurut pendapat saya, pertanyaan tentang kehendak bebas tidak ada hubungannya
dengan pertentangan antara fisika kausal dan statistik, maknanya jauh lebih
dalam, itu sama sekali tidak bergantung pada hipotesis fisik atau biologis apa
pun.
Solusi untuk dilema yang disebutkan
[itu] terletak, seperti yang saya yakini pada kesepakatan esensial dengan para
filsuf terkenal, di sisi yang sama sekali berbeda. Pemeriksaan lebih dekat
menunjukkan bahwa alternatif yang disajikan di atas, apakah kehendak manusia
itu bebas atau apakah itu ditentukan secara kausal, didasarkan pada disjungsi
yang tidak dapat diterima secara logis. Kedua kasus yang kontras ini tidak
saling eksklusif. Apa artinya: kehendak manusia ditentukan secara kausal?
[] P30-31
Ini hanya dapat berarti bahwa setiap
tindakan kehendak manusia dengan segala motifnya dapat diramalkan dan
diprediksi, tetapi tentu saja hanya oleh seseorang yang melihat melalui [perspektif
/ pengalaman] orang yang bersangkutan dengan semua karakteristik fisik dan
mentalnya, kesadarannya dan alam bawah sadarnya secara mutlak, yang oleh karena
itu memiliki mata [pandangan] spiritual yang benar-benar menerawang, katakanlah
Mata [Pandangan] Ilahi.
[] P31
Kita dapat dan harus mengakuinya tanpa
argumen. Di hadapan Tuhan, semua orang, bahkan yang paling sempurna dan paling
cemerlang, termasuk Goethe dan Mozart, adalah makhluk primitif yang pikiran
paling rahasia dan emosi terbaiknya berbaris teratur di hadapan Mata /
Penglihatan-Nya seperti mutiara di [untaian] kalung. Ini tidak mengurangi
martabat orang-orang hebat ini. Tetapi orang harus selalu ingat bahwa adalah
lancang dan tidak masuk akal jika, berdasarkan pertimbangan ini, seseorang
ingin mencoba meniru Mata [Pandangan] Ilahi dan memikirkan Pikiran [dan] Roh Ilahi
sepenuhnya. Kecerdasan manusia biasa bahkan tidak akan mampu memahami pikiran
terdalam, bahkan jika mereka dikomunikasikan kepadanya, dan dalam hal ini
prinsip penentuan proses mental menghindari pemeriksaan apa pun dalam banyak
kasus; itu juga bersifat metafisik seperti proposisi bahwa ada dunia luar yang
nyata. Tetapi secara logis [keterbatasan pandangan mental manusia itu] tidak
dapat dibantah, dan bahwa hal itu sangat penting [untuk] dibuktikan dengan
fakta sederhana bahwa itu sebenarnya adalah dasar dari semua penelitian ilmiah
tentang hubungan antara proses-proses mental.
[] P31-32
Tidak ada penulis biografi yang akan
menyelesaikan pertanyaan tentang motif di balik tindakan mencolok pahlawannya
dengan menghubungkannya dengan kebetulan; sebaliknya, dia akan selalu
mengaitkan kurangnya penjelasan yang memuaskan baik dengan ketidaklengkapan
bahan sumber yang tersedia ataupun kurangnya wawasan dengan batas pemahamannya
sendiri, dan dengan cara yang sama, dalam kehidupan praktis, kita selalu
menyesuaikan perilaku kita terhadap sesama manusia dengan asumsi bahwa
kata-kata dan tindakan mereka ditentukan / disebabkan oleh sebab-sebab yang
sangat pasti, yang terletak pada diri mereka sendiri atau pada lingkungan
mereka, meskipun sering kali [sebab itu] tidak dapat kita kenali / ketahui.
[] P32
Di sisi lain, apa artinya [pernyataan
bahwa]: Kehendak manusia itu bebas? Tetapi [di saat yang sama] hanya siapa pun
yang diberi kesempatan untuk melakukan [satu di antara] dua tindakan dapat
memilih satu atau yang lain atas kebijakannya sendiri. Ini sama sekali tidak
konsisten dengan pernyataan kita sebelumnya. Kontradiksi hanya akan ada jika
manusia dapat melihat melalui dirinya sendiri seutuhnya seperti Mata /
Pandangan Ilahi. Karena dengan begitu dia dapat meramalkan tindakan kehendaknya
sendiri berdasarkan hukum kausal, dan kehendaknya tidak lagi bebas. Namun,
kasus ini dikecualikan dari sudut pandang yang murni logis. Karena bahkan mata
/ pandangan yang paling baik pun tidak dapat lagi melihat melalui dirinya
sendiri [dibandingkan] daripada alat apa pun yang dapat bekerja dengan
sendirinya. Objek dan subjek aktivitas kognitif tidak pernah bisa identik,
karena seseorang hanya dapat berbicara tentang pengetahuan ketika objek yang
diketahui tidak dipengaruhi oleh proses dalam subjek yang mengetahui.
[] P33
Oleh karena itu, pertanyaan tentang
validitas hukum kausal dalam Penerapan pada tindakan kemauan / kehendak sendiri
tidak ada gunanya sejak awal, sama seperti tidak ada gunanya sejak awal untuk
menanyakan apakah seseorang dapat mengatasi dirinya sendiri dengan memanjat
dengan benar, atau apakah seseorang dapat menyusul bayangannya sendiri dalam
suatu perlombaan.
Pada prinsipnya, setiap orang dapat menerapkan
hukum sebab-akibat pada semua proses di lingkungannya, baik fisik maupun
mental, sesuai dengan kecerdasannya, tetapi hanya jika mereka tidak dipengaruhi
oleh penerapan ini, yaitu. Ini [lingkungan luar diri] adalah satu-satunya objek
yang secara konseptual, pada prinsipnya, menghindari kendala hukum kausalitas
baginya, tetapi justru objek [internal diri manusia] yang merupakan miliknya [adalah]
yang paling berharga dan pribadi dan di atas / [dengan] administrasi
[pengaturan / penataan] yang tepat yang [akan] menjadi sandaran kedamaian dan
kebahagiaannya. Oleh karena itu, hukum kausal tidak dapat memberinya pedoman
apa pun untuk tindakannya, itu tidak dapat membebaskannya dari tanggung jawab
moral yang dibebankan kepadanya oleh hukum yang sama sekali berbeda, yang tidak
ada hubungannya dengan hukum kausal, dan yang dimiliki / dibawa [oleh] setiap
orang bersamanya [dalam] hati nurani dirinya, cukup jelas dikenali jika dia
ingin memahaminya.
Ini adalah penipuan diri yang berbahaya
untuk mencoba menyingkirkan keharusan / tanggung jawab moral yang tidak nyaman
dengan menerapkan hukum alam yang tak terhindarkan.
[] P34
Seorang anak manusia yang melihat masa
depannya sendiri pasti telah ditentukan sebelumnya oleh takdir, atau
orang-orang yang mempercayai ramalan kejatuhan mereka ditentukan oleh hukum
kodrat, sebenarnya hanya menyatakan bahwa mereka tidak mampu mengerahkan
keinginan yang tepat untuk bangkit.
Nyonya-nyonya dan Tuan-tuan! Kita telah
mencapai titik di mana sains menyatakan dirinya tidak kompeten dan menunjuk di
luar dirinya ke wilayah-wilayah yang luput dari pertimbangannya. Bahwa dia
dapat melakukan pengendalian diri seperti itu, menurut saya, harus
menginspirasi kita semua untuk lebih percaya diri pada keandalan hasil yang dia
peroleh di bidangnya sendiri. Tetapi di sisi lain, kita melihat pada saat yang
sama bahwa berbagai bidang di mana jiwa manusia aktif tidak dapat sepenuhnya
diisolasi satu sama lain, melainkan terhubung secara erat. Kita telah mulai
dari suatu bidang sains spesialis tunggal dan kita dipimpin / dituntun oleh
pertanyaan-pertanyaan yang murni bersifat fisik melalui dunia indrawi di luar
ke dunia metafisik [yang] nyata, yang, karena ketidakmungkinan mengetahuinya /
mengenalinya secara langsung [primer, kontak fisik], tampak bagi kita [seolah-olah]
sebagai sesuatu yang [begitu] misterius dan tinggi / luhur yang tidak dapat
dipahami, sementara itu, dalam upaya kita untuk menggambarkannya, ia juga menandakan
harmoni dan keindahan batin yang mendalam. Dan akhirnya kita sampai pada
pertanyaan tertinggi yang harus ditanyakan kepada siapa saja yang ingin
berpikir serius tentang makna hidupnya.
[] P35
Dengan cara yang sama, Anda yang jauh
dari fisika, saya harap, akan mendapat kesan bahwa bahkan [suatu] disiplin
khusus [sekalipun], jika dikejar secara menyeluruh dan teliti, dapat menggali
harta berharga yang bersifat estetis dan etis, dan selanjutnya, bahwa krisis
besar dalam kebudayaan spiritual, yang kita pikirkan di awal dan yang kita
tindak lanjuti, pada akhirnya hanya berfungsi untuk mempersiapkan jalan bagi
persatuan / penggabungan / integrasi (Zusammenschluß) menuju persatuan /
penggabungan / integrasi baru yang lebih tinggi.
Comments
Post a Comment